Sabtu, 20 Desember 2014

Berbagai Manfaat Lidah Buaya


Posting kali ini akan membahas apa saja manfaat dari lidah buaya dan cara penggunaannya, langsung simak yuk guys:

1.    Penyubur Rambut
Ambil daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

2.    Luka Bakar
Cukup ambil lidah buaya, kupas dan tempelkan pada daerah yang terkena luka bakar.

3.    Menghilangkan Jerawat
Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat kurang lebih selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. lakukan cara ini 1 kali sehari.

4.    Perawatan Kulit
Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian jely nya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan jely dan oleskan pada kulit sebelum tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan tidak akan keriput.


Masih banyak lagi guys manfaatnya bila di makan secara langsung ataupun dibuat jus, seperti mampu mengobati diabetes, wasir, melancarkan pencernaan dan yang paling penting adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Simak yuk beberapa resep jus lidah buaya:

Resep I

* Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman.
* Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.
* Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (“daging”) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika kalian kurang nyaman dengan cara ini, kalian dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).
* Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).
* Tuang jus lidah buaya buatan kalian ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.

* Jus lidah buaya kalian siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.

Cara mengkonsumsi jus lidah buaya: tuang dua sendok makan jus lidah buaya buatan kalian ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika kalian suka.


RESEP  II

* Cuci bersih lidah buaya. Lepaskan kulit lidah buaya, ambil dagingnya. Lalu, potong sesuai selera.
* Cuci hingga bersih (tidak berlendir) dan tiriskan.
* Untuk menghilangkan bau lidah buaya yang tak sedap dan mengecilkan pori-pori lidah buaya agar tidak hancur, ambil daun pandan dan masak bersama air. Setelah masak, angkat dan diamkan sekitar 2 menit. Masukkan potongan lidah buaya dan aduk hingga merata.
* Diamkan selama 5 menit. Lalu, tiriskan dan pisahkan air daun pandan dan lidah buaya. Masukkan dalam toples berbeda. Simpan dalam lemari es.

Cara Membuat Jus:

* Ambil lidah buaya yang sudah diolah sesuai selera ke dalam gelas.

* Masukan air daun pandan, madu randu dan es batu ke dalam blender hingga berbusa. Lalu, campurkan ke dalam gelas yang telah berisi lidah buaya.

* Siap disajikan.
 

RESEP III

* Kupas lidah buaya, potong kotak panjang 3 cm dan tebal 1/2 cm
* Lumuri dengan garam dan air kapur sirih, diamkan 1 jam, lalu bilas sampai bersih dan lendirnya hilang. Tiriskan.
* Rendam dalam air tawas, diamkan selama 1 jam, bilas dengan air matang sampai bersih. Tiriskan.
* masukan ke air gula (air yang direbus bersama gula pasir)
hidangkan dingin....

 Yang di rumahnya nanam lidah buaya bisa langsung praktek guys.



Klik dan Share ke Teman-Temanmu ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar